Cerita Pemilik Foto Wallpaper Pemandangan yang Bikin Ponsel Crash


Baru-baru ini sebuah gambar pemandangan bikin heboh lantaran membuat ponsel crash saat dijadikan wallpaper. Sang pemilik foto bercerita kepada BBC tentang asal muasal foto itu.
Pemilik foto itu bernama Gaurav Agrawal, seorang ilmuwan dan fotografer amatir yang tinggal di San Diego, Amerika Serikat. Dia mengaku foto itu diambil di St Mary Lake di Clacier National Park, Montana pada suatu malam di bulan Agustus 2019.
Usai mengedit sedikit, foto itu lantas dibagikan di platform Flickr dan tidak pernah memikirkannya lagi.
Agrawal juga tak pernah menyangka jika foto itu kemudian menyebabkan ponsel yang bekerja dengan sistem operasi Android 10 menjadi crash dan tak bisa diperbaiki selain melakukan reset pabrik, yang berarti semua data di ponsel lenyap. Kasus ini terutama terjadi pada ponsel Samsung.  
"Aku tidak melakukan apa-apa dengan sengaja," katanya kepada wartawan BBC. "Aku sedih orang akhirnya punya masalah."
Agrawal bercerita, malam itu dia mengambil foto tersebut bersama istrinya. Itu untuk ketiga kalinya Agrawal dan istrinya ke sana untuk mendapatkan foto yang sempurna.

Foto hasil jepretan Gaurav Agrawal yang bikin ponsel Android crash.
Foto itu diambil menggunakan kamera Nikon. Dia mengaku melakukan sedikit penyuntingan untuk menyesuaikan warna menggunakan perangkat lunak Lightroom.
Di situlah letak masalahnya. Agrawal memindahkan foto dari kamera ke komputer menggunakan extra-wide HDR color space. Harusnya itu proses yang normal. Namun, karena mesin rendering warna bawaan Android 10 tidak dapat menampilkan color space yang lebih besar dengan benar, walhasil tidak bisa dibaca oleh mesin ponsel.
Agrawal sendiri tidak mengalami masalah itu karena ia menggunakan iPhone dan menjadikan foto istrinya sebagai wallpaper.
Belajar dari kasus itu, Agrawal mengatakan akan lebih berhati-hati dalam mengedit foto sehingga tidak menjadi masalah bagi orang lain yang menggunakan foto hasil jepretannya.
"Mulai sekarang saya akan menggunakan format lain," ujarnya.
"Saya berharap foto saya menjadi 'viral' karena alasan yang bagus, tapi mungkin di lain waktu," katanya.[]

Posting Komentar

0 Komentar